Sunday, November 6, 2016

Penyediaan Listrik Masa Depan Tanpa Daya Dukung Energi Fosil

Penyediaan Listrik Masa Depan Tanpa Daya Dukung Energi Fosil







Yazid Bindar
Teknik Kimia, Teknik Pangan, Teknik Bioenergi dan Kemurgi, FTI, ITB
yazid@che.itb.ac.id dan http://yazid-bindar.blogspot.co.id




Di dunia sebelum, sekarang dan ke depan, listrik menjadi salah satu kebutuhan penting bahkan utama dalam kehidupan manusia. Listrik diperlukan untuk penerangan bagi rumah tangga, jalan raya, perkantoran, kegiatan perdagangan, serta penggerak motor mesin-mesin, penggerak alat alat elektronik dan lainnya. 

Listrik diproduksi di berbagai pembangkit, seperti PLTU (Pembangkit Listrik Tenaga Uap), PLTG (Pembangkit Listrik Tenaga Gas), PLTGU (Pembangkit Listrik Tenaga Gas Uap), PLTA (Pembangkit Listrik Tenaga Air), dan PLTD (Pembangkit Listrik Tenaga Diesel). Saat ini, bahan bakar fosil masih menjadi sumber energi utama pembangkit listrik. Pembangkit listrik yang tidak menggunakan bahan bakar fosil di antaranya adalah PLTD bahan bakar nabati, PLTA, PLT mini mikrohidro, PLT panas bumi, PLT biomassa, PLT surya, PLT bayu dan lainnya.

Pertanyaan yang harus disampaikan adalah bagaimana penyediaan listrik untuk kehidupan ke depan dengan ketidakmampuan daya dukung energi fosil? Pertanyaan ini harus dijawab dan ditindaklanjuti solusi yang diberikan dalam jawabannya. Pertanyaan berikut adalah siapakah yang menjawab dan menindaklanjuti solusi yang dimaksud? Jawaban dan tindak lanjut solusi tentu untuk jangka panjang dalam kurun waktu katakanlah untuk 30 tahun mendatang.

Jawaban dan solusinya harus dimulai dan ditindak lanjuti dengan serius dari sekarang. Yang menjawab dan memimpin dalam mewujudkan solusinya adalah para pemimpin negeri ini. Pemimpin negeri merasakan betul di masa 30 tahun mendatang kelangkaan listrik dalam kehidupan. Pemimpin negeri harus menggariskan semua langkah strategis untuk ditindaklanjuti oleh pemimpin penerusnya ke lima tahun berikut-berikutnya. Para ilmuwan dan praktisi berkewajiban untuk mewujudkan jawaban-jawaban yang dimintakan oleh pemimpin negeri ini untuk meramu solusi yang tidak mudah.

No comments:

Post a Comment