Sunday, November 6, 2016

Kelebihan Bahan Bakar Fosil Tak Tergantikan

Kelebihan Bahan Bakar Fosil Tak Tergantikan




Yazid Bindar
Teknik Kimia, Teknik Pangan, Teknik Bioenergi dan Kemurgi, FTI, ITB
yazid@che.itb.ac.id dan http://yazid-bindar.blogspot.co.id


Bahan bakar fosil adalah bahan bakar yang memiliki semua kelebihan dimana kelebihannya ini tidak tidak akan tergantikan oleh bahan bakar terbarukan. Kelebihan pertama adalah kandungan energi per massa paling tinggi dari yang lain. 

Wujud yang bentuk cair memudahkan untuk diolah, diangkut dan disimpan. Karena bentuk cair ini jugalah, kendaraan transportasi darat, laut dan udara berkembang pesat ke tingkat kenyamanan tinggi. 

Bahan bakar fosil wujud padat adalah batubara. Batubara disediakan dalam hamparan tanah luas yang terkonsentrasi di satu tempat. Manusia tinggal mengambil saja dengan sangat mudah. 

Wujud bahan bakar gas adalah gas alam. Gas alam sudah dibuatkan dalam perut bumi. Manusia tinggal mengebor sumur gas dan gas alam keluar dari perut bumi. Gas alam wujud gas didistribusikan dengan pipa. Gas alam dicairkan dengan teknologi pencairan LNG dan didistribusikan kemana-mana dengan transportasi laut dan darat. 

Sampai hari ini, suplain bahan bakar fosil  masih dapat dipenuhi sesuai keperluan. Tetapi suplainya di masa depan lambat laun akan berakhir. Pertanyaannya adalah sampai kapan sektor kehidupan dikembangkan terus dengan dukungan penuh suplai bahan bakar fosil?

No comments:

Post a Comment