Saturday, November 12, 2016

Belajar Dari Profil APBN 1970-2016 Untuk Memotret Masa Depan




Yazid Bindar
Teknik Kimia, Teknik Pangan, Teknik Bioenergi dan Kemurgi, FTI, ITB
yazid@che.itb.ac.id dan http://yazid-bindar.blogspot.co.id    
 

APBN menggambarkan pendapatan dan belanja negara. Hidup kita adalah bagian dari APBN. Keberlanjutan APBN menentukan keberlanjutan hidup kita. 

Untuk menatap hidup masa mendatang, kecenderungan APBN dari tahun ke tahun dapat bercerita dengan sendirinya. Jumlah belanja (B) menunjukkan tingkat konsumsi. Jumlah belanja harus diiringi oleh jumlah pendapatan  (P). Bila pendapatan tidak mampu memenuhi jumlah belanja, ini berarti sebuah peringatan untuk kehidupan masa depan. Ini terlebih untuk kehidupan anak cucu di masa depan. 

Persamalahan masa depan harus diselesaikan dari sekarang oleh generasi sekarang. Generasi sekarang tidak bisa hanya dengan memperbesar belanja tetapi mengabaikan kegiatan ekonomi untuk pendapatan.

Grafik di bawah ini adalah profile APBN kita dari tahun 1970 sampai tahun 2016. APBN yang ditampilkan di sini hanya anggka Belanja (B) saja. Ini ditampilkan dalam mata uang Rupiah dan mata uang US$ sesuai dengan nilai tukar Rupiah pada tahun yang bersangkutan. Masing-masing kita dapat menatap, menelaah dan memotret APBN masa depan dan kehidupan masa depan. Ini dapat digunakan untuk merancang kehidupan masa depan buat anak cucu cicit. 


Gambar 1 Nilai APBN unsur belanja dalam Triliun Rp dari tahun 1970 sampai 2016 


Gambar 2 Nilai APBN unsur belanja dalam Milyar US$ dari tahun 1970 sampai 2016

No comments:

Post a Comment