Friday, January 20, 2017

Prediksi Konsumsi, Produksi dan Masa Habis Batubara Indonesia



Yazid Bindar
Teknik Kimia, Teknik Pangan, Teknik Bioenergi dan Kemurgi, FTI, ITB yazid@che.itb.ac.id dan http://yazid-bindar.blogspot.co.id



Batubara di Indonesia digunakan lebih belakangan disbanding minyak dan gas bumi. Produksi Batubara Indonesia masih jauh lebih besar dari konsumsi. Indonesia menjadikan batubara sebagai komoditi ekspor. Penggunaan batubara dalam negeri mayoritas untuk pembangkit listrik dan bahan bakar pada pabrik semen. Sementara itu, infrastruktur pembangkit listrik kita masih sangat kurang untuk mendorong pertumbuhan ekonomi berbasiskan pertumbuhan Industri.

Kebijakan ekspor batubara akan menjadikan permasalahan dalam hal pemenuhan kebutuhan batubara dalam negeri. Proyek pembangkit listrik tahap dua 35 GW mau tidak mau akan menggunakan bahan bakar batu bara. Apakah kontrak-kontrak ekspor batubara dalam jangka panjang akan menjadi kendala dalam penggunaan batubara dalam negeri? Inilah salah pertanyaan yang perlu dijawab.

Produksi batubara Indonesia tahun 2014 adalah produksi tertinggi yaitu sebesar 458 juta ton. Produksi batubara Indonesia tahun 2015 menurun menjadi 392 juta ton.  Konsumsi batubara dalam negeri tahun 2014 adalah 114 juta ton. Konsusmi batubaa tahun 2015 naik menjadi 131 juta ton. Gambar 1 menunjukkan pola produksi dan konsumsi batubara Indonesia sejak tahun 1965. 


Gambar 1 Pola produksi dan konsumsi batubara Indonesia sejak tahun 1965


Cadangan batubara Indonesia tahun 2016 diperkirakan sebesar 27632 juta ton. Prediksi masa pakai batubara Indonesia dapat dilakukan dengan beberapa model produksi. Model produksi  itu antara lain model produksi pertumbuhan naik, model produksi tetap dan model produksi pertumbuhan turun. Model-model  produksi untuk masa mendatang di Indonesia ditunjukkan oleh Gambar 2.  


Gambar 2 Model-model produksi batubara Indonesia di masa mendatang

Berdasarkan model-model produksi batubara Indonesia, masa habis batubara Indonesia dapat diprediksi. Hasil dari prediksi masa habis batubara Indonesia ditunjukkan oleh Gambar 3.  Batubara Indonesia dinyatakan habis bila cadanganya pada tahun sudah tidak ada. Pola produksi pertumbuhan yang disukai produsen batubara (Model 8) berakhir dengan masa habis batubara sekitar tahun 2050. Pola produksi naik linear dengan waktu seperti di Gambar 2 (Model 7),  batubara Indonesia akan habis disekitar tahun 2080. Pola produksi tetap atau sedikit menurun dari produksi produksi tahun 2016 (Model 5 dan 6), batubara Indonesia habis di sekitar tahun 2100. Bila pola produksi diturunkan agak tajam (Model 3), batubara Indonesia akan bertahan sampai sekitar tahun 2150. Pola produksi batubara Model 2 memberikan prediksi masa habis batubara di sekitar tahun 2250. 



Gambar 3 Prediksi masa habis batubara Indonesia untuk berbagai Model Produksi Batubara














































































No comments:

Post a Comment